Ticker

6/recent/ticker-posts

pengertian dan sejarah visual basic


     visual basic adalah bahasa pemograman tingkat tinggi yang sudah terkenal, dimulai dengan BASIC yang terdapat pada komputer lama, seperti AT286.
    pada saat itu, bahasa BASIC merupakan bahasa yang sangat diandalkan dalam pembuatan beberapa aplikasi penting. BASIC digemari karena susunan program-programnya yang membebaskan kita untuk melompat dari satu baris program ke baris lainnya. versi BASIC lainnya adalah  BASICA, Qbasic, turbo basic, dll. bahasa basic sangat banyak digunakan pada masa sistem operasi DOS.


     seiring dengan perkembangan sistem operasi ke sistem operasi berbasis grafik, para pengguna DOS beralih ke WINDOWS. keberadaan windows mengilhami para programmer untuk menciptakan program dengan tampilan grafik yang mirip dengan windows, demikian juga dengan BASIC yang juga dikembangkan dengan tambahan beberapa fungsi untuk menciptakan tampilan grafik seperti windows. akan tetapi, pada saat itu para programmer masih harus menentukan sendiri koordinat sebuah jendela atau tombol dengan memasukkan koordinatnya. hal ini berubah ketika visual basic muncul untuk pertama kalinya .
     walaupun masih kurang sempurna, visual basic versi pertama sudah memikat hati para programmer. kemudian pemograman dengan drag and drop ini kemudian lebih dikena dengan visual programming, metode yang memungkinkan untuk programmer tidak perlu lagi memasukkan koordinat sebuah jendela lagi secara manual, termasuk pada perkembangannya, programmer hanya sedikit sekali melakukan coding demi terciptanya sebuah program aplikasi yang tanggguh.

Post a Comment

1 Comments

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)

    ReplyDelete